7 Strategi Mengantisipasi Pekerja Lapangan yang Kurang Produktif

Sumber daya manusia atau karyawan menjadi elemen penting dalam menjalankan sebuah bisnis. Apalagi karyawan yang menjalankan pekerjaan di lapangan seperti sales ataupun teknisi. Rasa lelah, malas, dan mogok kerja pasti kerap kali mendera mereka. Dalam situasi seperti ini, supervisor harus memainkan perannya dengan baik. Mereka harus merancang sebuah strategi bagaimana jika staf mereka yang bekerja di lapangan melakukan mogok kerja, tujuh strategi atau cara di bawah ini bisa membantu Anda menjawabnya;

Bangun motivasi kerja yang baik

Sebelum memberikan task, berikan motivasi kerja yang membangun. Bakar semangat mereka dalam bekerja, seringkali sales baru tidak bisa mencapai target pekerjaan karena kurang percaya diri atau tidak memiliki semangat kerja yang cukup.

Tanamkan budaya disiplin pada karyawan

Tanamkan disiplin kerja dengan selalu mengingatkan peraturan dan target yang sudah diberikan oleh perusahaan. Tegur karyawan yang melanggar peraturan kerja.

Berikan pembagian tugas yang jelas

Pembagian tugas yang jelas ini diperlukan, agar mereka tahu harus bergerak kemana setelah ini. Menentukan prioritas kerjanya, agar pekerjaan segera selesai dan beralih ke tugas lainnya.

Lakukan monitoring kehadiran meskipun di lapangan

Pastikan karyawan hadir dan siap bekerja meskipun mereka terjun ke lapangan, lakukan absensi dengan mengirim foto melalui chat atau mesin absensi online. Anda juga bia menggunakan aplikasi tracking karyawan seperti Pakaryo.id untuk memantau keberadaan karyawan yang sedang berada di lapangan. (Baca juga : Pentingnya Monitoring Real Time Pekerja di Lapangan )

Monitoring pekerjaan melalui report harian

Tanyakan tugas yang Anda berikan secara berkala untuk mengetahui masalah yang ada di lapangan dan perkembangan tugas yang Anda berikan. Di penghabisan hari, tagih laporan pekerjaan harian mereka.

Lakukan evaluasi secara berkala

Evaluasi penting dilakukan secara transparan agar karyawan tahu bagaimana performance mereka selama ini, karena ini akan mempengaruhi penilaian mereka sebagai karyawan.

Beri insentif jika mereka mencapai target

Jangan ragu untuk memberikan insentif jika mereka mencapai target yang sudah ditentukan. Sedikit apresiasi akan menambah loyalitas kerja mereka.

Pada akhirnya, solusi dari masalah ini adalah komunikasi. Jika Anda berhasil membangun komunikasi yang baik dengan staf, semuanya akan bisa dikendalikan.  Staf Anda akan terbiasa untuk menyampaikan keluhan dan Anda akan segera mendapatkan cara untuk menyelesaikan masalah yang ada.

Exit mobile version