5 Keuntungan Menerapkan Garansi Digital

5 Keuntungan Menerapkan Garansi Digital

Diera digital seperti saat ini, menerapkan garansi digital dalam penjualan sebuah produk memang bukan hal yang asing lagi. Beberapa industri telah mulai melangkah kearah digitalisasi layanan purna jual tersebut. Peralihan ke arah digitalisasi layanan tersebut bukanlah tanpa alasan tentunya.

Sebelum melangkah lebih jauh, garansi digital sendiri merupakan cara baru yang digunakan oleh industri dalam memberikan layanan garansi atas produk yang dijualnya. Cara baru ini merubah sistem konvensional dalam pengelolaan garansi menjadi sistem digitalisasi. Penerapan garansi digital ini kedepannya akan menjadi pengganti penggunaan kartu garansi fisik yang dinilai kurang efisien lagi jika digunakan di era yang serba cepat ini.

Tidak salah jika mereka melakukan hal tersebut karena memang banyak manfaat yang akan didapat oleh para pelaku usaha dari sistem digitalisasi tersebut. Jika Anda seorang pelaku usaha yang memberikan garansi atas produk yang dijual, maka Anda perlu mempertimbangkan untuk beralih menggunakan teknologi ini.

Lantas, apa yang akan didapatkan oleh pelaku usaha jika menerapkan garansi digital untuk produk yang dijualnya?

Beberapa Keuntungan yang didapat Pelaku Usaha Saat Menerapkan Garansi Digital pada Produk

 

1. Ramah Konsumen

Garansi digital merupakan layanan yang memanjakan konsumen dalam hal urusan garansi. Beralih menggunakan garansi digital artinya konsumen Anda tidak perlu lagi menggunakan cara konvensional dalam mendapatkan layanan purna jual.

Konsumen tidak akan lagi menguras energi dan waktunya hanya untuk melakukan klaim garansi. Hal itu karena proses klaim garansi dapat dilakukan dimana saja, kapan saja dan secara cepat oleh konsumen hanya dengan melalui aplikasi saja.

Selain itu, konsumen juga akan semakin dimudahkan dalam melakukan penyimpanan terhadap kartu garansi karena kartu garansi akan otomatis tersimpan di akun konsumen.

2. Ramah Biaya Produksi

Dengan kartu garansi digital, proses produksi kartu garansi telah dapat dilakukan secara digital melalui sistem sehingga tidak ada lagi kartu garansi fisik. Itu artinya Anda sebagai pelaku usaha tidak perlu lagi mengeluarkan uang untuk melakukan pencetakan dokumen garansi dari setiap produk yang dijual.

Dapat dibayangkan kan berapa biaya yang dapat dihemat oleh perusahaan jika tidak ada lagi biaya pencetakan? Anggaran yang semula dialokasikan sebagai biaya produksi kartu garansi pun dapat dialihkan untuk kebutuhan atau lini bisnis yang lain.

3. Mempercepat Distribusi Produk

Seperti yang telah disinggung sebelumnya, proses produksi kartu garansi dilakukan melalui sistem sehingga untuk memproduksi kartu digital tidak perlu lagi memerlukan waktu yang lama seperti proses pencetakan kartu garansi fisik yang memerlukan waktu yang tidak sedikit.

Dengan lebih cepatnya waktu produksi kartu garansi digital tersebut maka distribusi produk pun juga dapat dilakukan dengan segera dan lebih cepat.

4. Jaminan Keamanan Data

Kebocoran data merupakan hal yang seringkali dikhawatirkan oleh pelaku usaha ketika berpikir untuk beralih pada sistem digitalisasi.

Meskipun manajemen garansi dikelola secara digital, seluruh data perusahaan seperti data produk hingga data pelanggan dijamin keamanannya didalam platform garansi digital ini. Pelaku usaha tidak perlu khawatir jika terjadi kebocoran data karena sistem yang dibangun telah dilengkapi sistem keamanan yang sangat baik.

5. Meningkatnya loyalitas Konsumen

Siapa yang tidak puas jika layanan yang diberikan sangat bagus dan cepat. Diera seperti saat ini konsumen semakin cerdas. Tidak hanya kualitas produk, layanan purna jual pun menjadi salah satu pertimbangan konsumen untuk loyal ataupun tidak terhadap sebuah produk.

Semakin baik baik layanan yang diberikan, semakin cepat layanan yang diberikan tentunya akan semakin loyal pula konsumen terhadap sebuah produk. Terkadang layanan purna jual ini lah yang seringkali dilupakan oleh pelaku usaha saat menjual produk ke pasaran, padahal kualitas layanan ini lah yang menjadi salah satu alasan konsumen untuk memutuskan untuk loyal terhadap produk.

Baca juga : 7 Manfaat Garansi Digital Bagi Konsumen. Prinsipal, Distributor dan Service Center Wajib Tahu!

Dengan semakin baiknya layanan yang Anda diberikan kepada konsumen, salah satunya dalam hal layanan purna jual tentunya juga akan menunjukkan kualitas produk anda kepada konsumen. Semakin baik penilaian kualitas produk maka akan semakin siap pula produk tersebut untuk bersaing dipasar.

Untuk itu beralih menggunakan garansi digital menjadi salah satu rekomendasi untuk meningkatkan kualitas produk. Sidig, platform garansi digital yang dapat Anda gunakan secara gratis yang direkomendasikan untuk membantu membangun loyalitas pelanggan dengan layanan garansi digital terbaiknya.

 

Exit mobile version