7 Manfaat Garansi Digital Bagi Konsumen

7 Manfaat Garansi Digital Bagi Konsumen

Manfaat garansi digital saat ini sangat terasa bagi Prinsipal, distributor serta service center. Hal itu karena banyak sekali benefit yang ditawarkan oleh platform tersebut guna menunjang pelayanan purna jual kepada konsumen.

Apa yang terbersit di benak Anda ketika mendengar kata Garansi? Jika yang terlintas adalah urusan klaim garansi dan dinamika pengurusan klaimnya, mungkin itulah yang dipikirkan oleh kebanyakan orang diluar sana.

Sayangnya bukan hanya itu saja, bagi konsumen masih banyak fakta yang cukup menarik tentang urusan garansi ini. Tentu saja yang pertama adalah perihal klaim garansi, pelayanan service center, persyaratan pengurusan garansi, dan yang paling sepele adalah penyimpanan kartu garansi itu sendiri.

Pernah mendengar tentang garansi digital? Mungkin beberapa orang pernah terlibat langsung dengan garansi digital sebuah produk yang mereka beli. Memasukan ID produk yang mereka beli untuk jaminan garansi di sebuah laman website. 

Itu saja sudah cukup? Belum. Masih banyak sekali sebenarnya yang bisa dioptimalkan dari sebuah layanan purna jual sebuah produk menggunakan garansi digital, khususnya bagi konsumen. 

Berikut Gamatechno merangkum 7 manfaat garansi digital yang akan didapatkan konsumen.

 

1. Proses pengajuan klaim garansi yang mudah bagi konsumen

Digitalisasi garansi berarti juga mendigitalkan sebuah proses. Dalam hal ini proses dari pendaftaran produk, pengajuan klaim, hingga tracking produk yang sedang konsumen urus untuk garansinya bisa dilakukan satu pintu. Baik itu aplikasi maupun melalui sebuah website. 

Intinya pengajuan klaim yang diajukan melalui form online bisa langsung diterima dan diproses baik oleh distributor, service center maupun produsen sehingga proses tersebut bisa menjadi sangat efisien.

2. Sentralisasi penyimpanan data garansi produk dalam satu tempat

Selain fungsi utama untuk urusan klaim, dengan adanya garansi digital konsumen memiliki satu tampat penyimpanan data-data garansi semua produk yang dimiliki. Itu berarti kemungkinan kartu garansi hilang akan sangat kecil.

Belum lagi jika tersedia sentralisasi aplikasi/sistem yang memungkinkan multi brand, konsumen tidak perlu memasukan ID garansi di website masing-masing produsen. Cukup melalui satu platform, semua layanan garansi produk bisa terakomodasi.

3. Mendapatkan reminder penting garansi konsumen

Konsumen dapat dengan mudah mendapatkan notifikasi-notifikasi penting perihal garansi. Seperti reminder kapan masa garansi habis, update produk dari produsen, manual book digital dan pemberitahuan yang memudahkan konsumen memantau garansi yang mereka miliki.

4. Konsumen mendapatkan jaminan garansi produk terbaik

Dengan terbitnya garansi digital itu berarti produsen memiliki komitmen yang tinggi terhadap layanan purna jual produk konsumennya. Garansi bukan hanya sebagai “pemanis” dari sebuah produk saja tapi memang jaminan kualitas produk yang dipasarkan oleh produsen ke konsumennya merupakan produk-produk terbaik mereka.

5. Konsumen bisa mengakses katalog produk digital sebuah brand

Loyalitas konsumen terhadap brand biasanya cukup konsisten. Banyak konsumen yang memilih produk dari brand tertentu yang mereka percaya karena pengalaman pemakaian. Dengan aplikasi garansi digital, konsumen dengan mudah mendapatkan katalog produk terbaru, atau jika memungkinkan bisa diintegrasikan dengan sistem pembelian dan pembayaran melalui aplikasi.

6. Status progres service produk konsumen

Setelah klaim garansi berhasil, ada satu hal yang cukup penting yaitu proses service. Dengan adanya garansi digital, konsumen bisa melakukan pemantauan progress maupun estimasi service produknya. Sehingga konsumen mendapatkan jaminan kepastian kapan produknya bisa kembali mereka gunakan.

7. Directory pusat servis dalam satu aplikasi garansi

Biasanya konsumen ketika akan mengajukan garansi service, mereka dihadapkan dengan lebih banyak waktu untuk mencari pusat service resmi terdekat di kota mereka. Jika ada aplikasi digital garansi semua pusat servis resmi berbagai merek bisa diakses dengan sangat mudah. Bisa juga integrasi dengan layanan komunikasi seperti chat maupun call secara langsung melalui aplikasi untuk bisa terhubung dengan service center.

Demikian tadi 7 manfaat yang akan sangat memudahkan konsumen dengan adanya garansi digital. Layanan purna jual sebuah produk bisa sangat mempengaruhi cara pandang bagaimana konsumen memilih sebuah produk yang akan mereka beli.

Dengan semakin banyaknya produsen, distributor maupun service center yang terpusat dalam satu layanan atau platform, semakin mudah pula konsumen untuk mengakses layanan semua garansi produk mereka.

Baca juga : 6 Manfaat Garansi Digital bagi Pelaku Usaha di Era Digital

Bagi produsen, distributor dan service center, Anda bisa mencoba salah satu rekomendasi platform garansi Sidig secara gratis. Platform ini cukup lengkap fiturnya untuk mengelola garansi untuk berbagai user diatas maupun konsumen. Selengkapnya tentang Sidig bisa kunjungi sidig.id atau bisa kontak customer support kami di nomor WhatsApp 0274566161, semoga artikelnya bermanfaat.

 

Exit mobile version