Kelola Jadwal Servis Kendaraan Dinas Dengan Software General Affair

Gunakan software general affair, untuk mempermudah pengelolaan jadwal servis atau perawatan kendaraan dinas. Sistem pengelolaan kendaraan dinas permudah staff general affair untuk perawatan kendaraan.

Perawatan kendaraan secara rutin wajib dilakukan agar mobil maupun motor dapat berjalan dengan baik. Dengan mengikuti jadwal servis kendaraan, Anda dapat membantu mencegah kerusakan parah sebelum terjadi. Tidak hanya itu, menyimpan catatan mendetail tentang riwayat servis juga dapat membantu meningkatkan nilai jualnya. Ini tak hanya berlaku pada kendaraan pribadi, tapi juga kendaraan dinas perusahaan.

Terlepas dari frekuensi pemakaian kendaraan dinas, perawatan reguler diperlukan agar performa kendaraan tetap optimal, aman dan nyaman saat dikemudi, terhindar dari mogok dan tentunya lebih menghemat anggaran. 

Beberapa komponen mobil seperti gasket dan selang karet, bilah penghapus kaca depan, dan ban , akan aus dalam interval yang tidak teratur. “Bahan habis pakai” ini perlu diperiksa secara berkala, baik oleh mekanik atau melalui inspeksi visual Anda sendiri.

4 Tips Atur Penjadwalan Servis Kendaraan Dinas Perusahaan

Agar tak terlewat melakukan perawatan, perusahaan dapat menggunakan software general affair dalam mengelola jadwal servis kendaraan dinas. Perangkat lunak ini membantu dalam beberapa hal, yakni:

1. Mengumpulkan segala data terkait kendaraan dinas

Dengan software general affair yang memiliki fitur operation vehicle, Anda bisa mengisi data kendaraan dinas, seperti merek, jenis, tahun pembelian hingga rata-rata jarak penggunaannya dalam mingguan atau bulanan.

Di sini Anda juga dapat mencatat riwayat penggantian oli mesin terakhir dan mencatat jarak yang telah ditempuh oleh kendaraan berdasarkan besaran angka yang tertera di odometer usai terakhir kali melakukan penggantian oli. 

Sehingga, setiap riwayat servis dan penggantian komponen bisa terkumpul dalam satu platform sekaligus biaya yang telah dikeluarkan untuk nantinya dapat dikalkulasikan dengan biaya servis lainnya. Tentunya, pencatatan ini tidak dilakukan secara manual menggunakan kertas sehingga lebih ringkas dan efisien.

Pabrikan kendaraan, seringkali sudah memiliki jadwal perawatan kendaraan khusus yang mungkin berbeda dengan model lain meski masih satu tempat produksi. Jadi, aplikasi ini dapat memastikan Anda memiliki semua detail kendaraan sebelum menerapkan sistem perawatan secara keseluruhan dan menyelesaikan keputusan untuk jadwal servis berkala.

2. Menemukan atau menentukan jadwal servis

Perhitungan servis berkala berpatokan pada jarak tempuh kini mungkin sudah kurang relevan, terutama di kota besar yang sering macet. Servis berkala berdasar jarak tempuh untuk mobil kembali ke bengkel biasanya dilakukan setiap 10.000 km.

Tapi pada kenyataannya, mesin mobil beroperasi jauh lebih lama ketimbang jarak tempuh yang seharusnya karena harus melewati jalanan macet setiap hari. Karenanya, jarak tempuh 10.000 km yang biasanya tuntas hanya dalam waktu 6 bulan saja, bisa lebih lama akibat macet berkepanjangan.

Karena kondisi tersebut, sangat disarankan untuk berpegang pada penggunaan waktu (time-based) untuk menghitung interval servis berkala, yakni tiap 6 bulan sekali terlepas dari apakah mobil sudah menempuh 10.000 km atau belum. 

Karena servis berkala berdasarkan time-based ini, Anda dapat mengatur hari, tanggal, dan pukul berapa mobil harus diservis. Hal ini membuat servis berkala dilakukan tepat waktu dan tidak terlewat. Selain itu, memudahkan dalam mengatur ketersediaan kendaraan dinas lain yang belum jadwalnya diservis.

3. Menyesuaikan Anggaran

Software general affair menjadi alat yang sangat berharga dan berguna untuk membantu menjaga biaya pemeliharaan kendaraan dinas serendah mungkin. Sebab, servis terjadwal memiliki biaya yang dapat diprediksi karena memungkinkan Anda merencanakan secara efisien.

Ini juga memberikan visibilitas ke semua aspek penggunaan dan kebutuhan kendaraan dinas sehingga menemukan peluang untuk menurunkan biaya pengoperasian dan pemeliharaan. 

4. Gunakan Software General Affair untuk Sistem Pengelolaan Kendaraan Dinas

Mengelola jadwal servis berkala merupakan bagian dari manajemen aset, apabila dilakukan dengan benar, maka akan menciptakan proses pemeliharaan kendaraan dinas yang mendorong efisiensi dan mendukung keuntungan perusahaan. Maka dari itu, optimalkan pengelolaan servis berkala kendaraan dinas dengan software general affair!

Memiliki fitur Operation Vehicle, software general affair ini berfungsi memudahkan dalam mengelola data penggunaan kendaraan operasional seperti perijinan penggunaan, request sewa kendaraan, data pemakaian kendaraan, request pengisian bahan bakar kendaraan, dan lain sebagainya.

Bagaimana dengan perusahaan Anda, apakah sudah memiliki sistem pengelolaan kendaraan dinas yang mempermudah penjadwalan perawatan rutin kendaraan dinas di instansi atau perusahaan Anda?  Jika belum kami rekomendasikan untuk mencoba beralih menggunakan software atau aplikasi general affair untuk permudah team ga Anda.

 

Exit mobile version