Keuntungan Rekrutmen Karyawan Online Bagi Perusahaan

Rekrutmen karyawan online yang juga dikenal dengan E-recruitment atau internet recruitment memungkinkan Perusahaan menggunakan berbagai solusi berbasis internet. Rekrutmen online telah berkembang pesat sejak kemunculan pertamanya pada awal internet (tahun 1994 dengan Monster.com).

Sangat mudah untuk melihat manfaat nyata dari rekrutmen online berasal dari kemampuannya untuk menyederhanakan proses rekrutmen melalui otomatisasi berbagai tugas yang biasanya akan memakan banyak waktu dan tenaga. Software HR atau HRIS kini telah membantu banyak Perusahaan dalam pengelolaan rekrutmen karyawan.

Penggunaan internet yang produktif untuk perekrutan telah mempermudah untuk mencari kandidat dan melakukan wawancara serta memproses dokumen terkait yang diperlukan untuk merekrut dan melatih kandidat.

Rekrutmen online adalah cara untuk menyediakan bisnis dengan cara yang efisien dan lebih murah untuk mengisi posisi dalam sebuah Perusahaan. Memiliki alat yang tepat dan menerapkan software rekrutmen karyawan online dapat menghemat biaya, waktu, dan menarik spesialis, yang akan mendorong lebih banyak pertumbuhan dan produktivitas ke dalam Perusahaan.

Apa keuntungan menggunakan internet untuk rekrutmen?

Ada beberapa keuntungan dari rekrutmen online, semuanya bertujuan untuk proses perekrutan yang lebih efisien dan menyediakan manajemen hubungan kandidat yang lebih baik.

7 keuntungan rekrutmen karyawan online bagi Perusahaan:

1. Menggunakan rekrutmen online untuk mengurangi waktu perekrutan

Sebagian besar situs perekrutan online menggunakan otomatisasi yang memungkinkan perusahaan untuk mulai melihat resume dari pelamar yang memenuhi syarat dalam beberapa menit setelah pengiriman. Sistem rekrutmen online mengevaluasi pilihan awal sesuai dengan kriteria yang ditentukan dan mereka akan mengingatkan Anda ketika resume pelamar memenuhi kriteria Anda.

Rekrutmen online sangat berbeda dari rekrutmen offline melalui surat kabar konvensional atau majalah. Dengan rekrutmen online, iklan Anda ditempatkan di depan orang yang tepat 24 jam sehari.‍

2. Metode rekrutmen yang hemat biaya

Biaya rekrutmen dapat bertambah dengan sangat cepat. Ini karena biaya perekrutan tidak hanya memperhitungkan biaya aktual untuk mencari dan merekrut kandidat, tetapi juga jumlah orientasi, pelatihan, dan retensi.

Setiap karyawan perlu mendapatkan pelatihan dan orientasi yang tepat dalam jangka waktu yang ditentukan agar mahir dalam pekerjaan mereka. Jika ada tingkat turnover yang tinggi dalam waktu singkat, itu berarti karyawan tersebut akan meninggalkan pekerjaannya tanpa perusahaan menutup biaya rekrutmennya.

Siklus hidup perekrutan harus dimulai dari awal lagi. Menggunakan metode perekrutan yang hemat biaya secara signifikan mengurangi jumlah yang Anda belanjakan. Misalnya, menghabiskan uang untuk iklan tradisional sangat mahal dibandingkan dengan papan pekerjaan gratis. Bahkan saat mendaftar untuk platform berbayar, harganya tidak akan setinggi iklan di koran dan majalah.

3. Jangkau audiens yang lebih luas

Dengan rekrutmen online, Anda dapat menjangkau audiens yang lebih bertarget dan lebih luas. Jika Anda merekrut pelamar untuk pekerjaan jarak jauh, Anda dapat menjangkau pencari kerja di negara mana pun.

Anda juga dapat menggunakan fitur perekrutan untuk secara khusus menargetkan berbagai industri dan asosiasi profesional untuk memastikan hanya orang yang tepat yang melihat dan melamar lowongan Anda.

Misalnya, jika Anda adalah pemilik restoran yang mencari supir pengiriman di kota tertentu, Anda dapat menyesuaikan deskripsi pekerjaan Anda dengan wilayah tersebut. Anda tidak perlu membuang waktu untuk melihat lamaran kandidat yang tinggal terlalu jauh.

4. Rekrutmen online meningkatkan efisiensi perekrutan

Rekrutmen online menyediakan teknologi untuk pra-penyaringan pekerjaan, pemeriksaan latar belakang, dan penilaian. Efisiensi yang dihasilkan berarti bahwa waktu yang dibutuhkan untuk menemukan pelamar yang memenuhi syarat berkurang.

5. Rekrutmen online meningkatkan komunikasi

Penting bagi reputasi perusahaan Anda untuk memiliki interaksi yang positif dengan pelamar, terlepas dari apakah mereka telah melalui tahap pertama atau terpilih untuk wawancara. Oleh karena itu, Anda harus berusaha untuk berkomunikasi dengan setiap pelamar yang telah melamar.

Dengan e-recruitment, ini menjadi lebih mudah dan tidak terlalu memberatkan karena Anda tidak perlu menelepon atau mengirim email individu yang memakan banyak waktu. Sebaliknya, jika Anda menggunakan aplikasi rekrutmen karyawan online modern, Anda dapat mengirim pesan SMS/Whatsapp/Email yang dipersonalisasi secara massal kepada kandidat Anda sekaligus.

Mereka akan menerima informasi Anda yang dapat diakses oleh kebanyakan orang. Komunikasi tidak hanya efisien dalam hal mengkomunikasikan keputusan. Ia juga bekerja dengan rekrutmen online yang dilakukan dengan wawancara video.

6. Rekrutmen online mendatangkan lebih banyak pelamar kerja

Saat menggunakan perekrutan online, Anda mendapat keuntungan dari lebih banyak pelamar karena menjangkau area yang lebih luas. Agar peningkatan lamaran tidak memperlambat Anda, Anda memerlukan sistem perekrutan online yang memastikan hanya kandidat yang memenuhi syarat melalui peninjauan manual. Sebagian besar perusahaan menggunakan Software HR atau HRIS untuk melakukan pengelolaan rekrutmen karyawan.

8. Ciptakan pengalaman kandidat yang lebih baik dengan alat perekrutan online

Jika dilakukan dengan benar, rekrutmen online dapat meningkatkan pengalaman kandidat dan, karenanya, mempersepsikan branding Perusahaan Anda. Cara Anda berkomunikasi dengan kandidat sangat penting karena, meskipun mereka tidak cocok untuk perusahaan Anda, mereka mungkin memberikan ulasan di sebuah website tentang cara Anda menangani proses perekrutan.

Keuntungan rekrutmen karyawan online di atas sudah jelas. Namun, hal itu hanya dapat terwujud jika Anda menggunakan alat dan teknologi yang tepat. Menggunakan Software HRIS Gamatechno memungkinkan Anda, tim perekrutan, dan kandidat mendapatkan keuntungan penuh dari penyederhanaan proses perekrutan.

Software HRIS Kelola Administrasi Karyawan dan Rekrutmen Online Karyawan

 

Exit mobile version