Tahapan dan Cara Rekrutmen Karyawan Online

E-recruitment, juga dikenal sebagai rekrutmen online, mengacu pada penggunaan teknologi berbasis web untuk berbagai proses menarik, menilai, memilih, merekrut, dan mengajukan calon pekerjaan. Melalui rekrutmen karyawan online, pemberi kerja menjangkau lebih banyak calon karyawan.

Perusahaan dapat membangun platform perekrutan online sendiri, menggunakan Software HR atau HRIS atau mempekerjakan agen rekrutmen yang memanfaatkan perekrutan online sebagai bagian dari paket mereka.

Keuntungan dari rekrutmen online disamping dapat menjangkau jangkauan yang lebih luas yaitu mudah digunakan, hemat biaya karena umumnya meminimalkan biaya tenaga kerja, mempersingkat proses perekrutan, dan sebagainya.

Penggunaan internet yang produktif untuk perekrutan telah mempermudah untuk mencari kandidat dan melakukan wawancara serta memproses dokumen terkait yang diperlukan untuk merekrut dan melatih kandidat. Rekrutmen karyawan online adalah cara untuk menghadirkan bisnis dengan cara yang efisien dan lebih murah untuk mengisi posisi pekerjaan tertentu.

3 Tahapan Penting untuk Rekrutmen Karyawan Online

Setiap Perusahaan memiliki tahapan dan cara rekrutmen karyawan online mereka masing – masing, berikut adalah 3 tahapan dan cara rekrutmen online terbaik di 2021.

1. Ciptakan Branding Perusahaan Yang Kuat Untuk Menarik Kandidat Yang Tepat

Branding Perusahaan lebih dari sekadar reputasi Perusahaan Anda. Ini adalah enkapsulasi tentang bagaimana Perusahaan Anda dipandang dalam hal budaya, identitas, dan misi keseluruhannya. Lebih dari itu, branding Perusahaan Anda adalah jumlah dari segala sesuatu yang membedakan Perusahaan Anda dan memberi sinyal kepada calon karyawan mengapa mereka harus memilih bekerja untuk Anda daripada Perusahaan lain.

Branding Perusahaan Anda tersedia untuk dilihat semua orang dan terdiri dari banyak komponen. Baik kandidat melihat halaman karier Perusahaan Anda, profil media sosial, atau bahkan sebuah ulasan di media terkenal, Anda perlu mengatur bagaimana branding Perusahaan Anda muncul di dunia luar.

Semakin Anda mampu memasarkan Perusahaan Anda sebagai organisasi yang unik dan bereputasi baik untuk bekerja, semakin Anda mendorong pencari kerja yang cocok untuk melamar. Secara default, ini juga berarti Anda dapat menghindari menerima lamaran dari pencari kerja yang mungkin bukan yang terbaik untuk Perusahaan Anda.

2. Gunakan Tes Penyaringan Untuk Mengkualifikasi Kandidat Yang Kuat

Secara alami, luasnya internet memungkinkan Anda menjangkau jumlah kandidat yang lebih tinggi daripada perekrutan offline. Hal ini berlaku saat Anda mengiklankan berdasarkan lokasi geografis Anda yang sebenarnya, dan terutama saat Anda mencari kandidat untuk posisi jarak jauh.

Tidak mungkin mewawancarai setiap pelamar yang mengirim lamarannya, HRD dapat membuang – buang waktu dan uang yang berharga untuk mencoba menilai dan mengurangi jumlah pelamar yang besar.

Tes penyaringan yang membantu memprediksi kinerja berdasarkan tes keterampilan menawarkan cara untuk mengontrol kuantitas dan kualitas kandidat. Tes penyaringan tidak hanya secara otomatis memberi peringkat kandidat sesuai dengan skor tes mereka, tetapi algoritma unik membantu menguji validitas dan reliabilitas tes untuk membantu memastikan hasilnya akurat.

Tes keterampilan yang relevan selama rekrutmen online dapat membantu Anda mengidentifikasi pelamar mana yang cocok untuk peran dan budaya Perusahaan Anda. Jika Anda terbiasa menerima banyak pelamar dan tidak tahu harus mulai dari mana dalam penyaringannya, maka tes keterampilan dapat membantu Anda.

3. Buat Proses Perekrutan Se Humanize Mungkin Untuk Lebih Dekat Dengan Kandidat

Proses perekrutan sering kali cukup statis, terutama yang dimulai secara online dan tidak memberikan ruang bagi Perusahaan dan pelamar untuk merasakan kepribadian dan budaya sampai tahap wawancara langsung. Mempekerjakan seseorang sebelum Anda mengenal mereka sering kali dapat menyebabkan pilihan perekrutan yang buruk.

Saat Anda berusaha untuk mengenal kandidat, Anda pada akhirnya membuat keputusan perekrutan yang lebih baik. Selain itu, menjadikan hubungan pribadi sebagai prioritas juga memberi Anda keunggulan dibandingkan pesaing, kandidat cenderung memilih tawaran Perusahaan yang mereka rasa lebih nyaman atau dekat dengan mereka selama proses perekrutan.

Cara yang bagus untuk memulai adalah dengan memasukkan pertanyaan berbasis teks atau video khusus ke penilaian pra-kerja untuk memahami kepribadian kandidat sebelum mendedikasikan waktu untuk mewawancarai mereka.

Rekrutmen Karyawan Online Membantu Anda Merekrut Kandidat Yang Lebih Baik

Memiliki rencana rekrutmen online yang solid membantu Anda mendapatkan talenta terbaik, menghemat uang, dan menghemat waktu. Ada strategi perekrutan online untuk setiap organisasi, dan kami telah menyoroti tiga metode solid yang dapat Anda gunakan untuk membentuk strategi yang sempurna untuk Perusahaan Anda. Membangun tenaga kerja yang penuh dengan karyawan berkaliber tinggi sangat penting untuk kesuksesan dan pertumbuhan perusahaan Anda di masa depan.

Software HRIS untuk Rekrutmen Online Karyawan

Tiga metode ini akan membantu Anda membuat strategi rekrutmen online yang menyeluruh dengan menangani tahapan tertentu dari proses rekrutmen. Seiring berjalannya waktu Anda melakukan tiga metode yang saya bahas diatas selama rekrutmen karyawan online, Software HR atau HRIS Gamatechno dapat membantu pekerjaan Anda dalam pengelolaan rekrutmen karyawan. Software ini juga dirancang untuk software HRIS yang memudahkan dalam pengelolaan data karyawan, pengelolaan payroll gaji dan penghitungan PPh, serta pencatatan proses mutasi.

Exit mobile version