8 Cara Mudah Klaim Garansi dengan Platform Garansi Digital

Susahnya klaim garansi seringkali membuat jengkel bagi para konsumen. Bagaimana tidak? Kedapatan produk yang dimiliki rusak saja sudah bikin konsumen kebakaran jenggot apalagi jika untuk mendapatkan perbaikan mereka juga harus melewati proses yang panjang dan ribet, apalagi proses tersebut malah dipersulit.

Berawal dari pengalaman-pengalaman tersebut pun kini konsumen pun menjadi semakin selektif dalam memilih produk yang akan dibelinya. Tidak jarang konsumen juga mencari produk yang memberikan layanan after sales yang bagus sebagai pertimbangan.

Oleh karena itu saat ini semakin banyak perusahaan yang mulai aware dengan layanan purna jualnya kepada konsumen. Tidak sedikit dari mereka telah beralih menggunakan layanan garansi digital pada produknya.

Lantas apakah garansi digital ini akan semakin memudahkan bagi Anda sebagai konsumen dalam hal klaim garansi? Atau jangan-jangan malah sama saja?

Ya, Jawabannya tentu saja semakin memudahkan bagi Anda.

Sebagai inovasi baru tentu saja garansi digital akan sia-sia jika tidak memberikan kemudahan bagi konsumen. Jika menggunakan garansi fisik Anda harus datang menyerahkan kartu garansi ke service center selanjutnya akan diverifikasi kartu garansi sebelum diberikan service maka berbeda jika Anda melakukan klaim melalui garansi digital. Lantas bagaimana cara klaim garansi tersebut jika menggunakan garansi digital?

 

Berikut ini cara melakukan klaim garansi melalui garansi digital

 

1. Pastikan Produk yang Anda Beli Memiliki Layanan Garansi Digital

Ya, tidak semua produk dapat dilakukan klaim garansi ya. Seperti yang telah disinggung diatas, hanya produk dari perusahaan yang menyediakan layanan kartu garansi digital.

Oleh karena itu Anda pun harus selektif dalam memilih produk tentunya yang memberikan layanan purna jual yang lengkap seperti garansi digital sehingga jika sewaktu-waktu terjadi kerusakan pada pembelian, Anda tidak akan kesulitan dalam memperoleh layanan garansi.

2. Pastikan Kartu Garansi Telah Aktif

Sebelum garansi bisa diklaim melalui aplikasi tentunya anda harus melakukan aktivasi terlebih dahulu. Aktivasi juga tidak perlu melalui proses yang panjang karena cukup memasukkan Id toko dimana Anda membeli produk tersebut.

Biasanya proses aktivasi ini akan dilakukan saat melakukan pembelian karena penjual akan langsung memberikan Id tokonya sekaligus menyarankan kepada pembeli untuk melakukan aktivasi garansi.

3. Pilih Produk yang Akan Anda Klaim

Dalam aplikasi akan ditampilkan seluruh produk yang telah Anda aktifkan garansinya meskipun memiliki tempat pembelian yang berbeda. Pada proses ini Anda dapat memilih produk yang akan Anda lakukan klaim pada daftar produk di aplikasi garansi digital Anda.

4. Pastikan Data Produk Sesuai

Anda juga perlu memastikan bahwa produk yang ada pilih sesuai dengan produk yang mengalami kerusakan. Akan ditampilkan secara detail informasi mengenai produk yang akan Anda klaim didalam aplikasi. Pastikan juga masa garansi produk tersebut masih berlaku dengan melihat masa berlaku tersebut pada informasi produk yang tertera.

5. Cari Lokasi Service Center

Sebelum melakukan klaim, Anda diwajibkan memilih lokasi service center dari produk Anda. Aplikasi akan membantu Anda dalam melalukan pencarian service center berdasarkan lokasi keberadaan anda. Jika dilokasi Anda terdapat beberapa service center maka Anda dapat memilih salah satu sesuai dengan keinginan Anda.

6. Tuliskan Kerusakan

Setelah melalukan pemilihan service center, jangan lupa untuk menuliskan kerusakan yang ada pada produk Anda sehingga akan memberikan kemudahan bagi pihak teknisi dalam melakukan perbaikan.

Pastikan juga bahwa kerusakaan yang ada pada produk Anda sesuai dengan ketentuan garansi produk sehingga perbaikan dapat diberikan oleh pihak service center

7. Lakukan Klaim

Setelah seluruh proses diatas selesai, klaim garansi bisa Anda lakukan dengan melakukan klik pada tombol “Klaim” yang ada pada aplikasi. Dengan melakukan langkah tersebut secara resmi Anda telah melakukan klaim terhadap kerusakan pada produk Anda. Proses klaim akan otomatis masuk pada perusahaan/produsen sehingga proses perbaikan akan segera dapat ditindak lanjuti.

8. Cek Status Klaim Garansi

Untuk mengetahui status klaim ataupun proses perbaikan produk, Anda akan dapat melakukan pengecekan secara berkala melalui aplikasi. Setiap pergantian status klaim garansi, ada akan diberikan notifikasi sehingga sangat mudah untuk melakukan pemantauan.

 

Dari cara klaim garansi tersebut tentunya sangat jelas perbedaan yang ada pada kartu garansi digital dengan kartu garansi fisik. Pastinya dengan adanya kartu garansi digital tersebut akan sangat membantu bagi konsumen selaku pengguna produk maupun produsen yang memberikan layanan garansi.

Baca juga : 5 Keuntungan Menerapkan Garansi Digital

Software Manajemen Garansi untuk Pemilik Produk atau Product Owner

Salah satu rekomendasi platform atau software layanan garansi digital yang dapat dimanfaatkan baik oleh pelaku usaha, distributor, service center hingga seller adalah Sidig. Selain memberikan kemudahan dalam urusan garansi produk, bagi konsumen Sidig dapat diakses melalui mobile apps yang telah terkonfigurasi dengan produsen atau seller.

Exit mobile version