Pentingnya Pemeliharaan Alat Kesehatan bagi Pengguna dan Produsen

Pentingnya Pemeliharaan Alat Kesehatan bagi Pengguna dan Produsen

Melakukan pemeliharaan alat kesehatan sangat penting dilakukan oleh pengguna maupun produsen. pemeliharaan menjadi hal utama dalam pengelolaan alat kesehatan.

Pemeliharaan merupakan poin utama dalam mengelola alat kesehatan. Beberapa penyebab alat kesehatan tidak dapat lagi digunakan sebagaimana mestinya dikarenakan oleh buruknya pemeliharaan, perencanaan, dan manajemennya. Adanya pemeliharaan bertujuan untuk mempertahankan keandalan dan keamanan alat tersebut agar aman untuk pasien dan penggunanya. Selain itu, adanya pemeliharaan alat kesehatan dapat membantu organisasi atau pengguna untuk membentuk manajemen pemeliharaan yang lebih baik.

Dalam manajemen pemeliharaan alat kesehatan yang efektif terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan seperti perencanaan, pengelolaan dan pelaksanaan yang memadai. Pada tahun 2011, WHO menyatakan bahwa alat kesehatan membutuhkan perawatan terjadwal dan tidak terjadwal. Dengan demikian, organisasi atau pengguna harus memastikan bahwa alat kesehatan telah disimpan dalam kondisi kerja yang aman, akurat, andal, dan beroperasi sesuai dengan tingkat kinerjanya. Selain itu, mereka juga harus fokus pada efektivitas dan kecepatan dalam pemeliharaan alat kesehatan. Jika hal tersebut tidak berjalan dengan baik, maka akan menyebabkan terjadinya downtime peralatan, mengurangi tingkat kinerja perangkat, hingga dapat membuang-buang sumber daya dan biaya. 

Perencanaan dalam Pemeliharaan Alat Kesehatan Bagi Pengguna

Pada pemeliharaan alat kesehatan, langkah terpenting yang harus dilakukan ialah perencanaan. Dengan proses perencanaan yang buruk dapat menjadi penyebab utama lemahnya pemeliharaan alat kesehatan. Masalah perencanaan yang kerap terjadi dikarenakan tidak memenuhinya teknisi pemeliharaan alat kesehatan. 

Dalam memberikan keefektifan pemeliharaan dan perbaikan alat kesehatan, maka perencanaan yang harus dilaksanakan dapat menggunakan strategi pemeliharaan yang tepat untuk menjaga alat agar aman dan berfungsi sesuai dengan fungsinya. Sehingga dalam meningkatkan mutu dan keamanan dari pelayanan kesehatan diperlukan tersedianya alat kesehatan berkualitas yang terjamin ketelitian hingga keamanan penggunaanya. Tak lupa selama penggunaan alat kesehatan harus memperhatikan accuracy, sensitivity, responsibility dan safety aspect pada alat-alat tersebut. Salah satu pendukung pemeliharaan alat kesehatan dengan memilih vendor yang dapat menyediakan service garansi yang baik.

Kenapa Produsen juga wajib lakukan Pemeliharaan Alat Kesehatan?

Tidak hanya pengguna saja yang harus memperhatikan pemeliharaan alat kesehatan, akan tetapi pihak dari produsen atau pemasok dari alat-alat tersebut juga harus ikut serta dalam mewujudkan keefektifan dalam pemeliharaan dan perbaikan alat kesehatan. Sebagai produsen/pemasok juga mempunyai tanggung jawab yang besar pada produk yang telah tersebar di seluruh penggunanya. Bagaimana tidak? Dalam proses pemeliharaan hingga perbaikan juga menjadi salah satu faktor yang dapat mengembangkan perusahaan pemasok untuk mendapatkan evaluasi dari kinerja produk yang telah tersebar kepada pengguna, sehingga dapat membantu dalam pelaksanaan pengembangan atau inovasi produk.

Sebagai Produsen maupun pemasok alat kesehatan yang mempunyai peralatan medis atau alat kesehatan yang tersebar di rumah sakit atau pengguna lainnya dengan jumlah dan jenis yang dapat dikatakan tidak sedikit, menjadi permasalahan dari terlewatkannya pemeliharaan dari alat-alat tersebut. Anda dapat menggunakan layanan garansi digital untuk memantau produk yang sudah tersebar kepada pengguna produk Anda berdasarkan data pembelian hingga laporan klaim produk yang mengalami kerusakan atau tidak berfungsi dengan seharusnya. Dengan adanya data tersebut, akan mempermudah anda dan pengguna untuk melakukan pemeliharaan dengan memantau alat-alat yang sudah tersebar kepada pengguna berdasarkan data yang tercantum pada sistem garansi digital seperti data pembelian hingga klaim kerusakan, sehingga dapat mengurangi alat kesehatan yang mangkrak karena pemeliharaan yang kurang baik.

Baca juga : CDAKB, Aturan Wajib bagi Perusahaan Alat Kesehatan

Saat ini terdapat aplikasi sistem garansi digital “Sidig” yang dapat membantu dalam mempermudah proses pemeliharaan hingga perbaikan alat kesehatan yang telah tersebar luas di seluruh pengguna Anda. Dengan begitu, baik produsen atau pemasok maupun pengguna dapat melakukan pemeliharaan dan perbaikan yang lebih efektif, dengan adanya bantuan data-data seperti data distribusi barang, data trend garansi hingga data kendala kerusakan yang dapat diakses langsung pada sistem garansi digital tersebut. 

Exit mobile version