Tips HR : Ketahui Empat Metode Mengelola Penggajian Karyawan

Tips HR : Ketahui Empat Metode Mengelola Penggajian Karyawan

Setiap perusahaan yang memiliki karyawan, wajib memberikan upah atau gaji kepada setiap karyawan. Karyawan-karyawan yang telah melakukan tugas-tugasnya dalam berkerja akan menerima hak mereka seperti menerima gaji dalam setiap periode tertentu dan umumnya setiap bulannya. Pemberian gaji tentunya juga diatur dalam pasal 17 ayat 1 pada peraturan pemerintah RI Nomor 78 tahun 2015.

Pengelolaan dalam Penggajian Karyawan tidak bisa asal-asalan sehingga perlunya pemahaman dalam mengelola perhitungan gaji dengan beberapa komponen sehingga setiap karyawan tidak selalu memiliki gaji yang selalu sama dan besar atau kecil gaji yang diperoleh tentunya harus dilakukan secara adil. ( BacaManfaat Penggunaan Sistem Penggajian Karyawan )

Penggajian Karyawan tidaklah mudah seperti halnya hanya mentransfer uang ke setiap rekening karyawannya, melainkan pihak pengelola yang berwenang dalam mengurusi gaji memerlukan beberapa metode penggajian yang dapat membantu proses perhitungan gaji sehingga tidak membuat bingung kedepannya. Metode tersebut antara lain sebagai berikut:

1. Menentukan Jadwal Pembayaran Gaji

penggajian karyawan

Perusahaan yang baik tentunya harus memiliki jadwal yang pasti dalam pemberian gaji setiap periodenya, periode gaji dalam perusahaan satu yang lain bisa saja berbeda-beda seperti pemberian gaji setiap bulan atau bahkan setiap minggu. Apabila perusahaan memberikan gaji setiap bulanya maka tentukan pemberian gaji diawal bulan atau diakhir bulan. Agar tidak membingungkan pastikan pemberian gaji masing-masing karyawan dalam sebuah perusahaan harus sama dalam setiap periodenya. Hal ini juga harus diinformasikan sejak awal kepada setiap karyawan.

2. Siapkan Rencana Cadangan Finansial

penggajian karyawan

Pemberian gaji bahkan disertai bonus merupakan apresiasi perusahaan terhadap karyawannya. Sehingga perusahaan harus memastikan keadaan finasial perushaan selalu dalam kondisi yang baik untuk memberikan gaji kepada semua karyawannya dengan tepat waktu. Pastikan juga keadaan finasial tidak akan menggangu dalam penggajian karyawan, atau bahkan sampai karyawan tidak menerima gaji dalam waktu yang telah ditentukan tentunya hal ini akan mengakibatkan citra yang kurang baik bagi perusahaan.

3. Proses Penggajian Tanpa Kertas

penggajian tanpa kertas, penggajian karyawan

Teknologi yang makin berkembang tentunya dapat mengurangi kertas seperti menggunakan Aplikasi Kepegawaian dibidang payroll. Sudah beberapa perusahaan menggunakan aplikasi payroll dan tentunya akan menguntukan bagi perusahaan, dimana dengan aplikasi ini akan membantu mengurangi penggunaan kertas yang tentunya mengurangi biaya pembeliaan kertas.

4. Menggunakan Software HR dan Payroll

software hr eoviz, penggajian karyawan

Perusahaan harus menggunakan metode penggajian karyawan dengan menggunakan software HR dan Payroll, yaitu sebuah software khusus yang akan membantu mengoptimalkan masalah payroll dengan efektif dan efesien. Salah satu Aplikasi Kepegawaian yang menjadi solusi yaitu eovizHR dari Gamatechno dengan beberapa fitur yang dimiliki tidak hanya terkait payroll melainkan juga untuk memfasilitasi pengelolaan proses bisnis. ( Baca : Aplikasi Kepegawaian )

Mari sederhanakan proses administrasi dan pengelolaan karyawan dalam satu aplikasi, terdapat free trial eovizHR juga untuk jumlah karyawan kurang dari 10. Pebisnis yang ingin mengetahui lebih tentang eovizHR, bisa langsung menuju https://eovizhr.com

Yang Menarik Lainnya
Leave a comment